Senin, 06 Mei 2019

 Identitas Buku                                                                                                                           
Judul                          : Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran
Penulis                     : Prof. Dr. H. Abuddin Nata, MA
Penerbit             : Kencana Prenadamedia Group
Kota Terbit             : Jakarta
Tahun Terbit     : 2009
ISBN             : 978- 979- 1486- 23- 1
Jumlah Halaman     : 382

Isi Buku
Buku yang berjudul "Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran" ini terdiri dari 20 bab pembahasan, yaitu Bab 1 : Pendahuluan. Bab 2 : Paradigma Baru Pendidikan di Indonesia. Bab 3 : Manusia Sebagai Makhluk Belajar dan Mengajar. Bab 4 : Struktur Jiwa Manusia dan Hubungannya Dengan Kegiatan Belajar Mengajar. Bab 5 : Struktur Fitrah Manusia dan Hubungannya Dengan Kegiatan Belajar Mengajar. Bab 6 : Konsep Pembelajaran. Bab 7 : Berbagai Aliran Dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Bab 8 : Berbagai Konsep dan Teori Pembelajaran. Bab 9 : Pendekatan Dalam Belajar Mengajar. Bab 10 : Metode Pengajaran. Bab 11 : Komponen Strategi Pembelajaran. Bab 12 : Pendekatan Cara Belajar Siswa Aktif(CBSA) dan Keterampilan Proses. Bab 13 : Model Pembelajaran Quantum Teaching. Bab 14 : Model Pembelajaran Problem Base Learning. Bab 15 : Model Pembelajaran Kooperatif dan Interaktif Learning. Bab 16 : Pengembangan Variasi Belajar Mengajar. Bab 17 : Sumber Media dan Alat Pembelajaran. Bab 18 : Keberhasilan Belajar Mengajar. Bab 19 : Teknik Mendapatkan Umpan Balik. Bab 20 : Pengelolaan Kelas.
Adapun pada critical book report ini dari buku yang saya baca, pada bab pertama, dikemukakan mengenai dasar pemikiran penulis, tujauan, ruang lingkup, dan metode pembelajaran. Bab kedua, menjelaskan latar belakang timbulnya paradigma baru di dalam pendidikan. Bab ketiga, dijelaskan keterkaitan manusia berdasarkan petunjuk Al- Quran dan As- Sunnah. Bab keempat, mengungkapkan pembahasan tentang jiwa serta hubungan struktur kejiwaan dengan kegiatan belajar mengajar. Bab kelima, menjelaskan tentang pengertian, struktur fitrah manusia yang terdapat didalam Al- Quran, pendapat para psikologi Islam, serts hubungannya kegiata belajar mengajar. Bab keenam, menjelaskan tentang hakikat belajar, berbagai teori dalam pembelajaran, tujuan belajar dam pembelajaran, tingkat dan jenis karakteristik peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, dan hubungan tingkat dari jenis karakteristik peserta didik dengan kegiatan pembelajaran. Begitupun seterusnya. Buku ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam, utuh, dan komprehensif tentang strategi pembelajaran beserta cabang- cabang ilmu yang berkaitan dengannya.
Kelebihan
Buku ini mempunyai identitas yang lengkap, sehingga menambah keyakinan pembaca untuk membacanya. Sampul bukunya sangat menarik sehingga membuat pembaca ingin membacanya ketika pertama kali melihatnya. Pembahasana menarik dan setiap babnya berisi hal- hal yang sangat lengkap dan penting yang harus diketahui seorang pembaca khususnya seorang guru maupun seseorang yang akan menjadi guru supaya memahami berbagai strategi didalam pembelajaran, judul buku ini sering ditemukan atau banyak dibahas oleh banyak orang tetapi sangat jarang memiliki materi yang lengkap seperti materi yang ada dibuku ini.
Kekurangan

Ketika membaca buku ini, sangat sulit ditemukan kekurangannya dari segi cover maupun isi buku ini sangat menarik untu dibaca.  Mungkin kekurangannya ialah begitu banyaknya bab yang banyak berisikan materi yang terkadang sulit untuk dimengerti. Bagi seseorang yang tidak suka buku yang terlalu tebal, buku ini sangat monotan. Dan ini hanya sebagain orang, tidak untuk kebanyakan orang.

Kontribusi Untuk Guru PAI
Paradigma mengukur kemajuan suatu bangsa saat ini sudah bergeser, yaitu dari yang semula mengukur kemajuan suatu bangsa dengan bertumpu semata- mata pada kekayaan sumber daya alam(SDA), menjadi mengukur suatu bangsa dengan bertumpu pada kekayaan pada sumber manusia(SDM). Adanya paradigma baru tersebut mengharuskan suatu bangsa memperkuat sektor pendidikan. Seseorang yang sangat penting dalam hal ini ialah seorang pendidik atau seorang guru. Guru mempunyai peran yang sangat penting dalam meningkatkan proses pembelajaran, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran mempunyai beberapa tujuan yang salah satu tujuannya ialah meningkatkan mutu didalam pendidikan. Guru harus tau dan bisa memilih dengan tepat apa strategi pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran yang disampaikan oleh guru dapat diterima oleh semua siswanya.
Strategi pembelajaran sebagai salah satu komponen pendidikan yang terpenting juga mengalami perubahan. Strategi pembelajaran yang dituntut pada saat ini ialah strategi pembelajaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik, memberdayakan,menyenangkan, menggairahkan, menggembirakan, membangkitkan minat belajar, merangsang timbulnya imajinasi, inspirasi, kreasi, inovasi, etos kerja, dan semangat hidup.
Buku ini sangat penting untuk diketahui oleh seorang guru terutama guru PAI sebagai salah satu solusi untuk mengatasi masalah belum berdayanya pendidikan dalam menyiapkan sumber daya untuk masa depan. Buku ini sangat banyak menjelaskan bagaimana strategi yang harus diketahui para pendidik terutama guru PAI yang mengajar disekolah- sekolah. Didalam buku ini memberitahu bahwa guru tidak hanya masuk kedalam kelas untuk memberikan materi yang telah ditentukan oleh Menteri Pendidikan, tetapi guru juga berperan penting untuk membangkitkan gairah belajar pada para peserta didiknya. Guru yang sudah memahami strategi pembelajaran pasti sangat mudah untuk menciptakan peserta didik- peserta didik yang sukses. Jika seorang guru PAI mengetahui strategi pembelajaran ini, guru PAI akan tau bagaimana cara menyampaikan materi yang cocok diajarkan kepada para semua siswa- siswanya, mudah membangkitkan semangat belajar kepada siswa- siswanya, dapat dengan mudah menguasai para siswanya agar mau ikut belajar dengannya. Buku ini menyelesaikan masalah yang kadang terjadi pada guru- guru PAI untuk menyampaikan materinya. Terkadang para guru PAI sulit menyampaikan materi yang hendak disampaikannya tetapi setelah beliau membaca buku ini, para guru PAI akan dengan mudah menyampaikan materi yang terkadang sulit karena berhubungan dengan agama dan terkadang membahas tentang akhidah. Jika semua guru PAI bisa menguasai semua strategi pembelajaran ini, yakinlah Indonesia akan menjadi negara yang banyak melahirkan peserta- peserta didik yang hebat dan menjadikan negara Indonesia menjadi negara yang menjadi barometer pendidikan di dunia.

1 komentar:

  1. sangat membantu sekali,terimakasih banyak mimin. tapi ada kritik sedikit boleh? tulisannya terlalu rapat,bingung untuk membacanya,kalau bisa agar dirapihkan lagi. moga ke depannya lebihbaik lagi yaa min. terimakasih😊

    BalasHapus